Sunday,17-12-2017
 


Frequently Asked Questions (FAQ)



No Pertanyaan Jawaban
1 Bagaimana menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat III/IV Pola Baru? Diklatpim Tingkat III/IV Pola Baru yang diatur dengan Peraturan Kepala LAN No 12 tahun 2013 dan Peraturan Kepala LAN No 13 tahun 2013 dapat diselenggarakan oleh Lembaga DIklat Terakreditasi, apabila:
  1. Peserta Diklatpim memenuhi syarat yang telah ditetapkan dalam Peraturan Kepala LAN tersebut di atas;
  2. Lembaga Diklat memiliki fasilitas dan sumber daya Diklat yang memadai. Lokasi penyelenggaraan Diklat diprioritaskan dilaksanakan di Lembaga Diklat pemerintah;
  3. SDM Diklat telah memiliki sertifikat TOF bagi pengajarnya, MOT bagi pengelola dan TOC bagi penyelenggara;
  4. Jumlah peserta maksimal 40 peserta;
  5. Lembaga Diklat memiliki izin penyelenggaraan Diklatpim dari instansi Pembina;
  6. Rapat persiapan penyelenggaraan Diklatpim bagi Lembaga Diklat yang tidak terakreditasi dilaksanakan paling lambat seminggu sebelum penyelenggaraan Diklatpim;
  7. Sekuensi pelaksanaan Agenda sesuai Pedoman Diklatpim;
  8. Widyaiswara mengampu sesuai dengan Agenda yang dipilih pada saat TOF;
  9. Penceramah dan narasumber sesuai dengan pedoman;
  10. Monitoring dan evaluasi penyelenggaraan Diklatpim dilakukan untuk penjaminan mutu penyelenggaraan Diklat.
2 Bagaimana menyikapi perbedaan dalam Pedoman Penyelenggaraan Diklatpim antara Peraturan Kepala LAN No 12 dan 13 tahun 2013 dengan Peraturan Kepala LAN No 20 tahun 2013 tentang Standar Biaya Umum (SBU)? Lembaga Diklat dapat mengacu pada kedua Peraturan Kepala LAN sesuai dengan peruntukannya dan saling melengkapi. Misalnya Penceramah dan Narasumber pada Peraturan Kepala LAN No 20 tahun 2013 dapat diterapkan, walaupun istilah penceramah dan narasumber tidak terdapat pada Peraturan Kepala LAN No 12 dan 13 tahun 2013.
3 Bagaimana bentuk produk pembelajaran pada Diklat Kepemimpinan Tingkat II, III dan IV? Terdapat dua produk pembelajaran pada Diklat Kepemimpinan Tingkat II, III dan IV, yaitu Rancangan Proyek Perubahan dan Laporan Proyek Perubahan. Dalam menghasilkan kedua produk pembelajaran ini, tidak ditetapkan format dan sistematika yang baku atau yang standar. Format dan sistematika diserahkan sepenuhnya kepada peserta Diklatpim Tk. II, III dan IV untuk menentukan sesuai tingkat kreativitas dan kebutuhan. Begitupula penyajiannya, tidak harus selalu dalam bentuk dokumen. Penyajian kedua produk pembelajaran tersebut dapat berupa poster, video, atau yang lainnya.